Melisa Bersabda

Sabda sesat, tidak memukau nalar, tidak mengguncang iman

Melisa di Dunia Kerja Part 3: Antara Kondom dan Poto Kawinan 15 Januari 2015

Filed under: Desain Komunikasi Visual — melisamaya @ 5:31 AM
Tags: , , ,

Rekap episode sebelomnya di gala sinetron “Melisa Mencari Kerja”:

Melisa ngelamar jadi desainer grafis di perusahaan yang namanya Eep (berdasarkan pronounciation Sunda)

Ternyata lowongan kerja desainer grafis yang dia liat uda expired dari kapan tau…

…oke.

daaaan cerita pun berlanjut *insert intro sinetron*

(Masih) Mei 2013

Walau dilanda tragedi Eep, saya masih kagak kapok brosing lowongan kerja via internet

kali ini via f*cebook, tepatnya grup mahasiswa kampus

Saya pun ngelamar di dua tempat, pertama di perusahaa Branding,

(saya lupa namanya tapi mirip nama salah satu merk kondom, jadi sebut aja “Piesta”.. atau “Kondom”…)

Yang satu lagi perusahaan Poto Kawinan yang kalo dikerenin jadi Wedding Photography,

nama perusahaannya dirahasiakan, pokoknya kagak kreatip namanya, jadi sebut aja “Poto Kawinan”

atau singkat aja PK (bukan penjahat kelamin).

Yang ngerespon email saya ternyata cuma si PK, si Piesta/Kondom kagak ada kabar.

Saya dipanggil interview, dan ternyata interviewnya itu di rumah.

Jadi ternyata kantornya si PK itu di rumah bosnya sendiri.

Awalnya saya diinterview sama bosnya (yang adalah suami istri) dan si suami adalah potograpernya.

Saya diberi pertanyaan klise macam kenapa mo kerja di sana, dan tau apa sih saya soal dunia poto kawinan.

Sebenernya kalo mo jujur, selain makanan gratisan di kondangan,

saya sama sekali kagak tertarik soal dunia kawin-mengawini… eh… maksud saya… (yah abaikan)

Kalo suatu hari saya nemu jodoh terus mau poto prewed aja, saya berniat poto sendiri pake tongsis… ato timer…

Saya juga kagak tau sama sekali soal dunia poto kawinan.

Jadi waktu mereka nanya nama perusahaan poto kawinan lain yang saya tau,

saya ngarang nama-nama asal pake basa Inggris yang penting ada kata “moment”, “photo”, “pictures” dkk

Sampe sekarang saya ga tau mereka nyadar gak perusahaan-perusahaan yang saya sebut fiktif semua.

Terus abis itu, saya diwawancara sama manager bagian desainnya (cewek)…

…dan pertanyaan-pertanyaan klise itu berubah menjadi aneh.

Salah satu pertanyaannya aja (dan saya kutip) adalah:

Manager: “Kamu udah ada pacar belon?”

Saya hanya diam sambil menatap si manager dengan muka, “hah? ini serius nih?”

Manager: “Iya, soalnya kalo belom ada pacar, di sini gak bisa nyari pacar. Soalnya pegawainya cewek semua.”

…oke.

Saya bingung… Emangnya muka saya kayak memancarkan aura:

“wanita-20an-tahun-mendambakan-seorang-pria-yang-kerja-di-perusahaan-poto-kawinan”?

Saya mah demennya oom-oom kali (oke, salah fokus)

Jadi singkat cerita, si manager ngasih saya test desain,

yakni bikin album prewed 5 spread (10 halaman), edit foto, dan bikin cover+boxnya…

…yang saya kerjain dengan rada gak niat

bahkan jerawat orangnya belom saya ilangin karna saya lebih menyukai natural beauty

(enggak deh boong, karna males aja)

Pokoknya saya udah pede abis bakal gak diterima <<– jenis pede baru

Gak lama, saya dipanggil lagi sama PK

Mereka bilang bahwa desain saya masih perlu dibenahi lagi,

dan bahwa saya diterima (oke, kalimat ini sama sekali gak make sense).

Terus mereka bilang saya boleh masuk kerja mulai bulan Agustus habis lebaran

which is masih 3 bulan lagi!! Dafuk?! Trus 3 bulan saya ngapain??

Saya bilang, “lama banget ya?”

Manager: “Anggap aja liburan dulu.”

…oke

Akhirnya itu kerjaan saya terima, dan sampai sekarang saya juga gak tau kenapa saya terima.

Dari segi gaji, lumayan… lumayan kecil.

Saya gak ditanya mau berapa, langsung ditawarin 2,5jt, dan abis probation 3 bulan jadi 3jt.

Begonya, saya sama sekali gak nanya-nanya lebih jauh soal kenaikan gaji, sistemnya gimana,

dan tetek bengek (kenapa ya disebut tetek bengek?) lainnya.

Ironisnya, beberapa minggu setelah saya terima itu job,

si Piesta/Kondom baru ngehubungin saya *dubrak*

 

Tinggalkan Balasan

