Melisa Bersabda

Sabda sesat, tidak memukau nalar, tidak mengguncang iman

Melisa di Dunia Kerja Part 1: Magang 15 Januari 2015

Filed under: Desain Komunikasi Visual — melisamaya @ 3:24 AM
Tags: , , , ,

Halo! Maaf sudah lama gak posting

Gak tau ini blog masih ada pembacanya atau enggak.

Sekarang saya sudah memasuki dunia kerja (berasa tua).

Sebelon saya curhat soal dunia kerja, saya mau flash back dulu *flash back ala sinetron*

*mata kosong* *background music ganti* *muncul ripple di layar* *tone warna jadi sepia*

Februari, 2013

Waktu itu, saya semester 8, tapi sebenernya saya sudah selesai skripsi pas semester 7

“Trus semester 8 ngapain?”

Di kampus saya semua mahasiswa diwajibkan buat kerja magang.

Kebanyakan temen-temen saya magang dulu baru skripsi,

sedangkan saya (biasa sok-sok hipster) skripsi dulu baru magang.

Alhasil semester 8 saya santai banget, soalnya saya magang doang, gak ada kuliah lagi.

Berhubung saya madesu, saya pun kerja di tempat madesu.

Biar ga dituntut karna pencemaran nama baik, sebut aja nama perusahaannya RE (bukan, bukan Resident Evil).

Jadi RE ini adalah perusahaan importir mainan edukasi

dan saya juga gak tau apa hubungannya mainan ngasah otak sama jurusan DKV.

Sebenernya saya masuk situ karna dijebak dosen bagian akademik di univ saya,

jadi dia yang nyaranin saya masuk situ, dan abis saya masuk baru nyadar ternyata…

di sana kagak ada desainer grafisnya sama sekali. *jedokin pala pake maenan asah otak*

Jadi daripada disebut “nerima anak magang”,

lebih tepat si RE ini disebut “nyari pegawai gratisan” (iya cuy, kagak dibayar)

Eniwei, sisi positipnya di sana nyante banget.

Saya masuk paling cuman seminggu 2x,

tapi berhubung saya setan, supervisor saya nandatanganin form saya setiap hari.

Sampai detik ini dosen-dosen masih gak tau kalau saya sebenernya kerja magang cuman 16 hari…

dari yang harusnya 3 bulan (Jangan ditiru ya adik-adik)

Yang lebih parah lagi dari si RE ini, kerjaannya dikit banget.

Bayangin aja, saya udah masuk cuman 2x seminggu masih kadang gak ada kerjaan.

Alhasil kadang-kadang saya masuk cuman buat…

…maen gem onlen pake internet kantor (iya, saya tau saya setan abis),

kadang pas internetnya jelek, saya malah main gem asah otak punya kantor bareng supervisor saya

(oke, makin kaco).

Alhasil, demi laporan magang saya, saya sampe ada-adain kerjaan palsu.

(adegan di atas dilakukan oleh profesional, jangan ditiru)

Terus tadi saya udah bilang kan gak dibayar.

Sebenernya dibayar sih… tapi dibayarnya… pake maenan asah otak…

…oke.

Pesan moral buat adik adik DKV yang pengen magang

Berdasarkan penyesalan saya karna asal milih tempat magang,

saya sarankan teman-teman yang baru mau magang coba dicek dulu tempat magangnya.

Kalau pengen meniti karir sebagai desainer grafis kantoran, pilih perusahaan yang udah punya nama.

Jadi pas ngelamar beneran kelak, at least gak perlu ngejelasin ke interviewer

dulu kita magang di mana dan perusahaan macam apa.

(Kadang ada beberapa perusahaan yang gak bayar anak magang,

jadi kalau dibayar ya syukuri aja)

Untungnya semasa kuliah saya sempat freelance sana sini

jadi masih ada “pengalaman” yang bisa saya pamerin ke interviewer.

Lebih oke lagi kalau semasa kuliah (dan sekolah) kita aktif organisasi,

gak harus semacam BEM atau OSIS, bisa aja organisasi sosial, dll,

tapi mungkin bukan kayak organisasi pecinta kartu Yugi oh

Selain buat ngelamar kerja, organisasi juga ngaruh banget

buat dapetin beasiswa S2, so lumayanlah.

Anyway tapi kalau pas lulus langsung buka usaha sendiri,

lebih baik pilih perusahaan yang bidangnya sama kayak bidang yang mau kita tekunin.

Misalkan abis lulus, mau buka perusahaan videography,

ya coba magang sama perusahaan videography yang karyanya paling oke,

dan selama magang, colong ilmu sebanyak-banyaknya.

 

Tinggalkan Balasan

