Melisa Bersabda

Sabda sesat, tidak memukau nalar, tidak mengguncang iman

Mari Membuat Artikel! (Sebaiknya Tidak Ditiru) 10 Mei 2010

Filed under: Uncategorized — melisamaya @ 6:26 PM

Banyak yang bilang bahwa menulis itu sulit.

Bukan karena mereka buta huruf, atau tangannya ‘cantengan’, maupun hanya mengenal huruf paku.

Mereka merasa menulis itu sulit karena mereka belum menemukan apa yang ingin mereka tulis.

Sedangkan saya (ciee..) merasa bahwa menulis itu…

sulit. (gak usah ngomong deh..)

“Tapi lu kan punya bakat nulis Mel!”

TETOT!! Salah!

Menulis itu bukanlah bakat (atau setidaknya begitu menurut saya.)

Saya menulis karena saya memang sedang ingin menulis.

Jika dosen saya menyuruh saya mengarang di saat saya tidak ingin mengarang,

maka hasilnya tidaklah lebih baik daripada karangan anak SD

yang mayoritas selalu membuat kalimat:

Ibu memasak sayur di dapur.”

S……….P………..O………K

Nah.. Kebetulan hari ini saya sedang ingin menulis suatu artikel

mengenai…

DIRI SAYA SENDIRI!! HAHAHAHAHAHAHA

(orang kayak gini mending mati aja)

Bukan karena saya memuja diri saya sendiri,

tapi karena saya ingin memperbaiki image saya

yang dirusak oleh artikel buatan (orang yang mengaku) fans berat saya

dengan judul, “Melisa Sang Blogger Sejati”

Sejati?

SEJATI?!!

Jreng! Jreng! Jreng!

Baiklah, inilah artikelnya.

Selamat membaca.

Melisa, Filsuf yang Tak Tercatat dalam Buku Sejarah (Bagian Pertama)

Siapa yang tahu Socrates? Oke, lumayan banyak.

Siapa yang tahu Plato? Banyak.

Siapa yang tahu Aristoteles? Baiklah, sangat banyak.

Siapa yang tahu Melisa Maya? Wih! Banyak banget!

Mungkin saya sudah tidak perlu menjelaskan lagi,

siapa sebenarnya Melisa Maya.

Namun tetap saja,

tangan saya tergelitik untuk menulis tentang filsuf yang masih belia ini.

Melisa Maya adalah filsuf favorit saya.

Gadis imut ini sering dianggap aneh oleh orang-orang sekitarnya.

Padahal mereka tidak tahu bahwa

orang yang mereka anggap aneh itu adalah penentu masa depan bangsa.

Tidak sepert filsuf-filsuf pada umumnya,

bocah yang mengaku salah satu murid Socrates ini,

menyebarkan ajarannya

tidak melalui buku, daun, maupun kayu

melainkan melalui blognya, yakni

Melisa Bersabda.

Filsuf populer namun tidak pernah muncul di buku sejarah manapun ini

menganggap bahwa Sabda-sabda-nya

yang hampir semuanya adalah sesat

tidaklah memukau nalar

apalagi mengguncang iman.

Namun sesungguhnya

tulisan-tulisan dari

bocah yang lebih percaya alien ketimbang eksistensi Tuhan ini

sangatlah menggetarkan sanubari saya yang terdalam.

Nah, bagaimana?

Bukankah ini adalah artikel yang sangat

mendewa-dewakan diri sendiri

menarik?

Jangan khawatir, ini baru bagian yang pertama

HAHAHAHAHAHAHAHAHA

Sebenarnya mudah saja untuk membuat artikel hancur seperti artikel di atas.

Pertama adalah ide.

Paling mudah adalah menulis tentang diri sendiri.

Anda-Anda yang narsis dapat menggunakan kesempatan ini

untuk unjuk kebohongan.

Anda dapat mengatakan

bahwa Anda setampan Bard Pit

walaupun sebenarnya Anda sebelas dua belas dengan mantan vokalis Kerisp*tih.

Kedua, adalah judul!

Coba buatlah judul yang semenarik mungkin.

Namun jangan terlalu jauh dari topik yang dibicarakan.

Jadi, jika Anda sedang membuat artikel mengenai hamster Anda yang bernama Otong,

janganlah membuat judul semacam, “Wow! Di Rumah Gue Ada Cewek Bugil!!!”

Walaupun judul tersebut tidak sepenuhnya salah

sebab Otong si hamster memang berjenis kelamin perempuan

dan tentunya tidak pakai baju.

Ketiga, adalah tampilan!

Pastikan bahwa artikel yang Anda buat tidaklah ‘dempet-dempet’.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya langsung malas membaca

jika artikel tersebut ‘dempet-dempet’.

Apalagi jika artikelnya super panjang.

Jika perlu, sertakan gambar yang menyejukan mata

seperti gambar cewek seksi

pegunungan yang indah, misalnya,

selama gambar tersebut berhubungan dengan artikel.

Keempat,

jika ada sejumput manusia yang mulai sudi tertarik membaca artikel Anda

baik karena judul maupun tampilan,

Anda harus mempertahankan rasa ‘interest’ mereka

dengan cara…

membuat paragraf pertama semenarik mungkin!

Misalnya

Judul: Si seksi Otong

Oh Otong…

Tubuhmu seksi nan berbulu

Kau lembut dan meliuk

dan seterusnya.. dan seterusnya…

Kelima,

Mungkin Anda berhasil mendapat ide yang menarik.

Mungkin judul buatan Anda sudah cukup mengundang (entah mengundang apa…)

Mungkin paragraf pertama Anda sangat sensasional.

Namun semuanya akan percuma,

apabila isinya tidak dikelola dengan baik.

Anda harus memperhatikan kesantunan paragraf

dan diksi (najis dah bahasa apaan nih??)

Enggak deh, saya bohong.. Hahaha

Saya sih tidak terlalu peduli hal-hal cerdas semacam itu.

Saya lebih suka memasukan unsur komedi ke dalam tulisan saya.

(Walaupun ada beberapa yang hasilnya malah ‘jayus’)

Ah.. Kalau begini kesannya saya seperti jago dalam menulis

dan sok menggurui… (menghela nafas).

Mungkin seharusnya saya ‘memposting’ cara melawak

(seolah saya jago melawak…)

Oh ya…

Sebelum saya mengakhiri ‘postingan’ ini…

saya ingin menegaskan sesuatu

bahwa

Saya… Tidak… Ada… Niat… Untuk… Meniru…

Raditya Dika.

Saya tidak berharap agar blog saya dibukukan

(tapi kalau ada orang gila yang sudi sih gak apa-apa).

Raditya Dika membuat blog yang menceritakan kehidupannya yang kocak dan fluktuatif.

Sedangkan saya

Berhubung kehidupan saya datar

(bahkan seumur hidup saya tidak pernah keseleo!)

saya menulis tentang Sabda-sabda saya.

(Makanya nama blognya Melisa Bersabda, bukan Ayam Betina)

Saya tidak ingin membentuk agama baru,

saya hanya ingin menulis dan diapresiasi.

Begitulah.

AHAHAHAHAHAHAHAHA

 

6 Responses to “Mari Membuat Artikel! (Sebaiknya Tidak Ditiru)”

  1. Gua sebenernya bingung mau kasih komentar apa…
    Yah tapi berhubung daripada sepi ga ada yang komentar,
    maka temanmu yang baik ini akan mengomentari.

    Sebelum gua kasih komentar,
    gua mau mengkabarkan untuk yang belum tahu bahwa Sri Mulyani sudah mundur jadi mentri, dan mau jadi pemimpin bank dunia yang digaji 3 M per bulan!
    Kedua, ada pasangan fenomenal Alterina dan jane yang sedang HOT-HOTnya sekarang ini!
    Terakhir, akhir-akhir ini di Jakarta sering hujan padahal musim kemarau

    Dan untuk komentarnya sendiri adalah:
    Lanjutkan! (slogan SBY)

    Jalan hidupmu sudah benar anakku!
    Walau banyak rintangan yang menghalangi ingatlah akan tujuan mulia yang ingin kau capai!
    Never Give Up!

    Sekian

  2. Radiya dika itu siapa??
    fufufufufufu~

  3. melisamaya Says:

    @kristasikelaminganda:
    Terima kasih atas info dan dukungannya Bung….
    rrrrrrrrrrrrrrr
    dasar..
    kerja yang bener
    jangan menghalalkan kesempitan dalam kesempatan
    gue bilangin bos lu ntar!
    Atas nama Musiong yang hanyut di sungai Kong.

  4. melisamaya Says:

    @Marcella, sang fans sejati: Raditya Dika itu adalah jenis makanan baru dari Perancis.
    rrrrrrrrrr……
    Udah ngerti belom?
    Jawab, Marcella!

  5. @ Melmay: sepertinya terjadi kesalahan dalam penulisan nama Raditya Dika menjadi Radiya Dika dalam blog Anda.. Sekian

    Salam hangat,
    Olo Tahe Sinaga

  6. melisamaya Says:

    @Marcella, sang fans sejati: Oh ya *cepat-cepat meralat*
    Tengkyu Bung
    Btw… saya tau itu Anda, Marcella!
    Tidak perlu berkamuflase menjadi Pak Ote Sang Dosen!
    Ntar dituntut lho!

    Sekian, Cup Cup Muah


Tinggalkan Balasan

