Melisa Bersabda

Sabda sesat, tidak memukau nalar, tidak mengguncang iman

Membuat Bayi 26 April 2010

Filed under: Desain Komunikasi Visual — melisamaya @ 4:06 PM

Fufufufufufu

Jika di post kali ini pembacanya bertambah…

Pasti dikarenakan judul di atas.

Mungkin mereka berpikir bahwa isi blog ini “wow” atau “wah”

maupun “cihuy” (entah maksudnya sound effect ini apa).

Namun percayalah, blog ini tidak mengandung unsur-unsur

yang membuat saya akan diganyang MUI.

(Pembacanya langsung berkurang.)

Baiklah, “Membuat Bayi” adalah salah satu tugas yang diberikan dosen kepada saya.

(Jangan “Wah!!” dulu!)

Maksudnya adalah membuat gambar bayi!

Jangan sampai gara-gara tulisan ini, orang-orang yang ingin masuk DKV langsung batal

(atau malah bertambah?)

Tidak mungkin lah kami benar-benar disuruh membuat bayi!

Waktunya kan tidak cukup! (Lho??)

Bagaimanapun juga saya sudah berjanji akan memuat apa saja yang saya pelajari sebagai mahasiswa DKV (yang gagal).

Maka dari itu, pada “postingan” kali ini, saya akan membahas tentang apa yang saya pelajari,

selama semester 2.

Pertama, Drawing

Jreng! Jreng!! Jreng!!!

Ternyata Drawing masih ada!!

Untung sekali dosen saya sudah diganti.

(Dosen saya yang sebelumnya hanya rela memberi nilai 45 kepada saya).

Jika tidak diganti, saya pasti telah menjadi mahasiswa abadi.

Pada Drawing I, kami belajar tentang bentuk-bentuk geometris, isometri, dan perspektif.

Pada Drawing II, kami belajar menggambar wajah manusia, ekspresi, tubuh, gerakan, wajah sendiri, wajah teman, dll..

Ya, termasuk membuat bayi tadi itu!

Tapi saya belum disuruh menggambar model telanjang asli sih.

Saya akan menantikan hingga hari itu tiba (what?!).

Kedua, Fotografi

Sebenarnya, inilah pelajaran yang paling saya nantikan.

Sebab dari dulu saya penasaran, pelajaran fotografi itu seperti apa sih,

dan entah kenapa, jika ada yang tanya:

“Eh lu sekarang mata kuliahnya apa?”

Jika saya jawab, “fotografi..”

Jadi ‘berasa’ keren gitu… (norak dah).

Saya sedikit kecewa sih, ternyata kami tidak ada praktik di kamar gelap.

(Padahal saya penasaran banget akibat main Fatal Frame dan nonton The Grudge 2!)

Ketiga, Computer Graphic

Beberapa ada yang mempersingkat namanya menjadi CG,

ada juga yang menyebutnya ComGraf.

Pelajaran ini mengajarkan saya mengenai

cara-cara membuat kita terlihat lebih cantik…

di foto.

Alias pelajaran Virtual Beauty.

Huehehehehehehehe.

Sewaktu UTS, saya disuruh mentracing wajah sendiri

dengan menggunakan Adobe Illustrator.

Pokoknya pelajaran yang cocok bagi orang-orang narsis,

namun tidak dapat menerima kenyataan.

Huahahahahahahhahah

Keempat, Visual Communication Principles

Ya, sungguh malas saya ‘ngetiknya’.

Jadi, kita singkat saja menjadi Viskom.

Apakah itu Viskom?

Masih ingat penjelasan saya yang tidak jelas

mengenai pelajaran semester 1 yang tidak jelas

yang bernama Nirmana?

Yah, Viskom tidak jauh dari Nirmana.

Kami masih disuruh menggambar bentuk-bentuk abstrak.

Bedanya?

Dibalik coret-coretan tidak jelas itu, Nirmana…

tidak memiliki arti.

Sedangkan Viskom ada arti di balik bentuk-bentuk aneh itu.

Ya sudahlah, sekian penjelasan saya.

Kapan-kapan (entah kapan) saya akan ‘update’ lagi ‘postingan’ mengenai DKV.

 

Tinggalkan Balasan

