Melisa Bersabda

Sabda sesat, tidak memukau nalar, tidak mengguncang iman

Sepertinya Akan Menjadi Postingan yang Sangat Panjang 4 Maret 2010

Filed under: Uncategorized — melisamaya @ 10:03 PM

Bonjour para pembaca

Udah amat sangat lama sekali gue gak mengeluarkan sabda sesat nan memikat (najong)

Maka pada postingan kali ini gue akan mengeluarkan sabda terbaru gue

(lagian alasan kenapa ini blog dikasih nama ‘Melisa Bersabda’

ya karena pada setiap postingan harusnya ada sabda sesat gue)

Melisa bersabda

Orang yang pendiam

bukan berarti tidak memiliki bahan pembicaraan

tapi terkadang justru terlalu banyak yang ingin mereka katakan

hingga tidak tahu harus dimulai darimana, bagaimana, dan kepada siapa

Postingan kali ini mungkin bakal menjadi suangat panjang

soalnya banyak banget yang pengen gue ketik

(yah anggep aja proyek menulis blog selama seminggu dalam satu postingan)

Judul Pertama

Kecerdasan

Mungkin bakal jadi topik yang agak sedikit berbobot

(tidak seperti biasanya hohoho)

Orang-orang paling awam

akan berpikir bahwa anak yang cerdas adalah anak yang ranking 1 atau juara kelas

padahal ada lho anak yang IQ-nya cuman 40an tapi bisa ranking 1

anak itu berhasil karena mengandalkan kerja kerasnya

jadi mungkin “99% usaha dan 1% bakat” ada benarnya

Orang-orang agak awam

akan berpikir bahwa anak yang cerdas adalah anak yang jago matematika

jago eksak, jago maen rubik, dan hal-hal berbau logika laennya

yah… pandangan mereka emang gak salah…

tapi anak yang jago banget basket, voli, sepak bola, berantem dan segala hal yang mengeluarkan keringat

juga bisa dibilang cerdas

anak yang jago adu bacot, jago ngemeng, jago boong, dan jago ngarang bebas

juga bisa dibilang cerdas

Intinya…

yang namanya kecerdasan itu terbagi-bagi.

Menurut teori kecerdasan Dr. Howard Gardner,

kecerdasan terbagi 8:

1. kecerdasan linguistik-verbal

Jadi… orang yang memiliki kecerdasan linguistik verbal

sangat pandai dalam hal ngemeng-ngemeng

kayak debat, pidato, story-telling, ngajarin anak orang, TTS, dll..

Biasanya mereka jago maen scrabble maupun fowl words

mereka juga pinter tulis-menulis

bikin novel, puisi, cerpen, proposal, laporan, bahkan surat cinta

biasanya sangat jago dalam pelajaran bahasa, baik asing maupun lokal

pekerjaan yang cocok buat mereka adalah

guru, pengacara, jaksa, wartawan, penulis, penyiar, dkk..

Negatifnya adalah

mereka jago banget dalam ngatain orang dan ngebales hinaan orang

mereka pinter ngebantah orang tua

mereka jago mojokin orang

dan mereka expert banget dalem ngibul

jadi para cewek, berhati-hatilah pada cowok playboy dengan kecerdasan linguistik-verbal

huahahahhahahahaha

2. kecerdasan logika-matematika

biasanya orang yang punya kecerdasan logika-matematika berciri-ciri:

jago maen rubik, jago ngisi sudoku, jago catur,

pokoknya jago pacaran ama bilangan dan hal-hal logis lainnya

biasanya nilai matematika dan fisikanya tetep bagus sekalipun mereka gak belajar

Sangat jarang mereka memilih jurusan IPS sewaktu SMA

Cocok banget jadi guru dan dosen

Negatifnya…

biasanya mereka cenderung jadi individual dan curigaan

(gak semua tapi) ada beberapa yang merasa dirinya superior

(nganggep orang laen ga secerdas dirinya,

nganggep orang laen ga bakal ngerti yang mereka omongin)

Hal ini membuat mereka jadi agak an-sos (anti bersosialisasi)

orang-orang ‘biasa’ pun gak ngerti apa yang ada di dalam otaknya

dan orang-orang ‘biasa’ cenderung nganggep mereka aneh, cupu, maupun alien

Biasanya sih hal-hal negatif di atas terjadi sewaktu masa SMA mereka

3. Kecerdasan Ritmik-Musikal

Orang yang punya kecerdasan ritmik-musikal

belom tentu punya suara yang bagus

tapi dapat dipastikan bahwa mereka tidak akan mungkin nanyi fals

Biasanya mereka jago maen lebih dari satu alat musik

dan belajarnya cepet buanget

dan biasanya otodidak! wow!

Mereka bisa maenin lagu, hanya dari dengerin doang..

Biasanya selera musik mereka bagus

karena mereka tau mana lagu yang chordnya unik dan sulit

dan mana lagu yang chordnya pasaran dan kacangan

Mereka juga biasanya jago menghapal senam irama

mereka menghapal dari lagu/iramanya

Cocok deh kuliah di jurusan musik

Negatifnya…

entah apa hubungannya,

tapi mereka biasanya cenderung lebih emosional, sentimentil, ataupun melankolis

baik yang cewek maupun yang cowok

Ada beberapa yang suka show off / pamer bahwa mereka jago

dan siap-siap aja dicela secara langsung maupun di belakang

jika selera musik lu dianggap rendah oleh mereka

4. kecerdasan kinestetik

Orang yang memiliki kecerdasan ini berarti

memiliki kontrol yang baik terhadap gerakan tubuhnya

Berarti mereka cocok banget jadi atlet, guru olahraga, maupun preman terminal :p

Mereka punya refleks yang bagus

Dan harusnya punya badan yang bugar

Harusnya juga, mereka punya rasa sportivitas yang tinggi

Jarang banget ada yang an-sos,

dan jarang banget dari mereka ada yang gak pedean

Tapi orang awam justru cenderung mandang mereka sebagai

manusia berotot tak berotak / bertenaga tapi gak berotak

Negatifnya…

mereka (harusnya) jago berantem, badannya (harusnya) sehat, dan temennya (harusnya) banyak

jadi repot bila lu musuhan sama dia

(cuma bisa mengutuk dalem hati biar tuh anak ketimpuk nenek-nenek jatoh dari monas)

5. kecerdasan interpersonal

adalah pintar dalam pergaulan dan berinteraksi dengan orang lain.

Biasanya mereka adalah orang-orang yang menyenangkan,

supel, ramah, gampang bergaul, dan beradaptasi dengan orang baru

Mereka punya pergaulan atau koneksi yang luas

Ciri utamanya kalo lu jalan ama dia

pasti 5 detik sekali ada orang yang nyapa dia (lebay dah)

Ato gak dia gampang banget masuk suatu perusahaan

ato gampang banget dapet tiket free pass apa gitu

Negatifnya…

Kalo lu sebel ama dia, jarang ada yang mihak lu

Kalo dia sebel ama lu, nasib lu malang

bisa aja dia menggunakan koneksi-koneksinya itu buat ngejatuhin elu

Kalo lu berantem ama orang lain, dia gak bakal bela lu

dia cari aman, kalo gak melerai, mendamaikan, yah diem aja.

6. kecerdasan intrapersonal

orang-orang yang memiliki kecerdasan ini

adalah orang-orang yang sangat mengenal dirinya sendiri

mereka tau persis siapa mereka, tinggal dimana, dan lahir tanggal berapa

(yee cuman orang amnesia aja yang gak tau!)

becanda… maksud gue

mereka tau persis siapa mereka, kelebihan mereka, kekurangannya.

Mereka tau persis cita-citanya, kalo gede mo jadi apa, dkk..

Mereka biasanya beremosi sangat stabil

(cool dan tenang gitu deh)

Hidupnya sangat teratur dan terkendali

Negatifnya…

mereka tipe yang pikirannya tuh kelas berat dan mendalam

sementara lu mikirin… “apa nih tugas besok?”

dia mikirin “apa sih tujuan gue diciptakan di dunia ini?”

7. Kecerdasan Naturalis

adalah kecerdasan dalam mengelompokan suatu kejadian alam

dalam mengenali suatu kejadian alam

maupun menggambarkan suatu kejadian alam.

Jadi kalo lu punya nih kecerdasan,

lu bisa langsung kenal

“Oh! Ini kumbang jenis xxx!!”

hanya dari ciri-ciri kumbang yang lu liat.

Lu bisa tau, “kayaknya bakal tsunami deh!”

dari kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar.

Harusnya nilai biologi lu bagus, kalo punya kecerdasan naturalis

Negatifnya

Terkadang orang yang punya kecerdasan naturalis

sering dianggap sotoy atau sok tau

soalnya mereka hobi menganalisis orang

terkadang orang sebel

soalnya hasil analisinya jelek-jelek

8. kecerdasan visual-spasial

sebenernya kecerdasan ini duluan daripada kecerdasan naturalis

tapi berhubung kecerdasan INI yang pengen gue bahas

jadi gue terakhirin

Kalo lu punya kecerdasan ini,

biasanya lu jago dalam hal semacam

“carilah 22 perbedaan di antara kedua gambar ini!”

Lu jago dalam nyusun puzzle,

Lu jago markir mundur, dkk..

Pokoknya lu punya penglihatan yang bagus,

dan punya kemampuan lebih dalam hal bidang dan ruang.

Orang-orang berprofesi kayak

fotografer, desainer, seniman, maupun arsitek dituntut memiliki kecerdasan macam ini.

Negatifnya…

Dia mudah mengenali wajah orang

Jadi sangat tidak enak kalo dosen lu memiliki kecerdasan ini

Setiap orang pasti minimal punya satu dari 8 kecerdasan di atas

ga mungkin kalo lu ga punya sama sekali

malah bisa jadi lu punya 2 atau 3 dari 8 kecerdasan itu

Judul Kedua

DKV dan Kecerdasan Visual-Spasial

Kalo ngeliat penjelasan soal kecerdasan visual-spasial di atas tadi,

maka udah pasti tau dong bahwa

kecerdasan visual-spasial tersebut sangat esensial dalam jurusan DKV

Jadi, bagi lu yang mau masuk DKV

asahlah kecerdasan visual-spasial lu

dan bacalah ini

https://melisamaya.wordpress.com/category/desain-komunikasi-visual/

kalo mo tau apakah masuk DKV harus bisa gambar ato enggak?

Ato jurusan DKV ngapain aja?

Tapi kalo lu merasa ga punya kecerdasan visual-spasial…

ga perlu khawatir

karna gue juga ga punya tapi gue malah masuk DKV huahahahaha

Kenapa gue berpikir bahwa gue gak punya?

Karena

1. Gue selalu lupa naro barang di mana

Bahkan gue aja selalu lupa markir di mana!

2. Gue kagak jago dalam membayangkan ruang.

Hal ini terlihat dari kemampuan nyetir gue yang menyedihkan

dan kemampuan parkir gue yang bikin terharu.

3. Dan ini yang utama,

gue butuh waktu 1 detik untuk ngenalin anggota keluarga gue sendiri

gue butuh waktu 3 detik buat ngenalin temen baek gue

ataupun temen sekelas yang hampir tiap hari ketemu

gue butuh waktu 6 detik buat ngenalin temen gue yang gak tiap hari ketemu

Dan untuk orang baru,

gue mesti ketemu 2-3 hari bertutur-turut dulu baru inget mukanya

Gue sering banget salah orang

pernah sekali salah nyapa

gue malah nyapa orang asing gak dikenal

Semenjak itu gue butuh waktu yang lebih lama lagi buat nyapa kenalan gue

(takut salah orang lagi)

Gue gak heran kalo ada yang anggep gue sombong

soalnya kadang kalo ketemu kenalan gue kagak nyapa

gue mikir kelamaan sih!

“dia temen gue yang itu atau bukan ya?”

huahahahaha

gue jadi serba salah

kalo gak nyapa dibilang sombong

kalo nyapa taunya salah orang

Tapi…

kayaknya akhir-akhir ini ada lho

kenalan gue di kampus yang walau jelas-jelas liat gue di lobby, kagak nyapa gue

biasanya pura-pura ngeliat ke arah lain

ato enggak ambil jalan yang munggungin gue

biasanya gue baru sadar itu kenalan gue

setelah gue udah nyampe lantai 2

huahahahahaha

Gue kagak tau alasan dia kagak nyapa gue adalah

1. karna ngebales ‘kesombongan’ gue

2. punya dendam sama gue

3. takut gue gak bales sapaannya

4. atau (positif thinking) karna dia juga punya kecerdasan visual-spasial yang sama rendahnya kayak gue

huahahahahahaha

 

4 Responses to “Sepertinya Akan Menjadi Postingan yang Sangat Panjang”

  1. Theon Says:

    Nice post! Keren bung!

    Kalo dia gak mau nyapa, lu kemplang aja!

  2. Alpha Says:

    Setuju bung!
    Orang kayak gitu dikemplang aja

    Btw, nice blog!

  3. melisamaya Says:

    makasih bung
    hohohohohohoho

  4. melisamaya Says:

    makasih bung hoho

    nice comment!


Tinggalkan Balasan

